Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

Kerja Bakti Saluran Air Di Lingkungan RW.04

Cilandak,- Warga Masyarakat  RW 04 mengadakan kerja bakti saluran air pada hari Minggu 12 November 2023 di Jalan Desa yang melintasi RW 02 Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Kegiatan tersebut dikomandoi oleh Ketua RW 04 Bapak Ahmad Kaelani yang dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB. Beliau menuturkan bahwa kegiatan kerja bakti membersihkan saluran air ini akan diadakan minimal  setiap satu bulan sekali guna mendukung kelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan. “Kegiatan membersihkan saluran air ini akan diadakan setiap satu bulan  sekali untuk kedepannya, dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kita bersama. Ujar Ketua RW yang baru menjabat kurang dari satu tahun tersebut (12/11/23)”  Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa kegiatan gotong royong tersebut juga memiliki tujuan untuk memperlancar aliran air yang mengaliri saluran tersebut sehingga tidak menimbulkan banjir ketika musim penghujan tiba. Kegiatan kerja bakti tersebut diikuti oleh warga masyarakat RW 02 yang mencakup RT 08 dan RT 09 yang di dominasi oleh Bapak-bapak, mereka nampak berbaur dan antusias sekali untuk mengikuti kerja bakti tersebut tanpa mengenal lelah dari pagi sampai menjelang adzan Dzuhur berkumandang.

Pengajian Bulanan Ibu-ibu Desa Cilandak

Cilandak,- Pada Sabtu (28/10/2023) di desa Cilandak telah dilaksanakan program pengajian rutin bulanan tepatnya di aula Kantor Desa, Kegiatan dalam rangka tolabul ilmi ini dihadiri oleh ibu-ibu majlis Taklim yang tersebar di Desa Cilandak . Program pengajian ibu-ibu ini dilaksanakan disetiap Sabtu akhir bulan dan merupakan program yang dicanangkan oleh kepala Desa Cilandak Yeyep Sugara, ST. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan solawat bersama dan dilanjutkan dengan tausiah dari ustadzah Imas Tambihah. Menurut Ayu Sifa Nurjaman istri dari kepala Desa Cilandak yang didaulat sebagai  panitia pelaksana, acara ini sangat bermanfaat dan tentu saja memiliki tujuan yang baik. "Tujuan dari kegiatan ini untuk memperdalam ilmu agama serta mempererat silaturahmi diantara masyarakat ataupun anggota majlis taklim sendiri," ujarnya. Sementara itu, menurut Tati Rohayati selaku anggota Majlis Taklim mengungkapkan sangat senang mengikuti acara ini. "Saya sangat senang mengikuti acara pengajian rutin bulanan ini karena bisa menambah pengetahuan ilmu agama , dan semoga kegiatan ini terus berjalan serta bisa meningkatkan iman kita kepada Allah SWT," Tuturnya.

Jaga Keberkahan Kampung Dengan Pengajian Al-qur’an Keliling

Cilandak,- Lantunan kalam ilahi (Al-Qur’an) akan senantiasa terdengar ramai disetiap malam Sabtu di kampung Bongas RT 06 RW 03 Desa Cilandak, bukan tanpa sebab tapi hal ini terjadi karena adanya program pengajian Al-Qur’an keliling di kampung tersebut. Program yang diinisiasi oleh Ust. Idrus Mubarok serta Hasanudin ini merupakan program yang dilaksanakan dari rumah ke rumah secara bergiliran di setiap Jum’at malam atau malam Sabtu di wilayah RT 06 ini. Ini merupakan amanah dari guru saya untuk melaksanakan Pengajian Al-Qur’an keliling, ujar Ustad Idrus menjelaskan. Adapun tujuannya selain untuk mengkhatamkan bacaan al-Qur’an juga untuk mendatangkan keberkahan bagi kampung Bongas ini, papar beliau menambahkan. Jum’at (27/10/2023) pengajian dilaksanakan di kediaman Bapak amil Unus dengan dihadiri oleh masyarakat baik tua maupun muda. Masyarakat yang rumahnya kebagian giliran mengadakan Pengajian ini cukup menyediakan makanan dan minuman alakadarnya untuk dimakan secara bersama-sama setelah pengajiannya beres.

Pembagian BLT Tahap III, Warga Antusias

Cilandak,- Senyum merekah dari para warga yang di dominasi para lansia kembali terekam di aula desa Cilandak ketika pada Rabu (25/10/2023) dilaksanakan penyaluran BLT Dana Desa Tahap III. dari pukul 08.00 WIB warga sudah mulai berdatangan ke aula kantor Desa Cilandak padahal jadwal pembagian atau penyaluran BLT itu sendiri yaitu jam 09.00 WIB sesuai arahan dari Kaur Keuangan Desa Cilandak yang disebar melalui grup Whats up aparatur Desa. Seperti dua tahap yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada pembagian BLT kali ini nampak hadir Sekretaris desa Cilandak tatang Rusmiadi, Kaur Keuangan serta kasi Kesejahteraan Sosial yang melaksanakan kegiatan ini.  Semoga Bantuan Langsung Tunai ini dapat membantu para warga atau KPM yang mendapatkannya sehingga dapat meringankan beban hidup serta manfaatnya lebih terasa oleh para KPM tersebut, ujar Sekretaris Desa pada sambutannya sebelum penyaluran dilaksanakan. Dia juga menambahkan untuk menggunakan uang BLT ini sebaik mungkin serta jangan dipergunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. KPM atau warga penerima BLT untuk di Desa Cilandak sendiri sebanyak 59 orang yang sudah melalulitahapan pengusulan dari Ketua RT masing-maasing di wilayah Desa Cilandak.

Giat Posyandu Anggrek II, Pemberian Vitamin A

Cilandak,- Sabtu (21/10/23) Posyandu Anggrek II yang beralamat di Kp. Cisantri RT. 02/01 Desa Cilandak kembali melaksanakan giat Posyandu kali ini dengan memberikan Vitamin A pada balita yang ada disekitaran Posyandu tersebut. Nampak hadir ketua Posyandu Anggrek II Darwatiningsih memimpin giat Posyandu kali ini di dampingi para kader lainnya. Pemberian Vitamin A ini ada 2 jenis, yang pertama warna biru khusus untuk balita usia 6 Bulan sampai 11 Bulan dan warna merah untuk Balita usia 1 Tahun sampai 5 Tahun, ujarnya. Beliau juga menambahkan dengan pemberian Vitamin A ini dapat mencegah penyakit mata pada Balita.