Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

344 Karung Beras BPNT,Hari Ini Salur Di Desa Cilandak

Cilandak,- Program Bantuan Pangan Non Tunai kembali turun dan hari ini Kamis (07/12/2023) bertempat di aula kantor Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta bantuan tersebut disalurkan. Bantuan yang berupa beras yang banyaknya 344 karung tersebut diperuntukan untuk 344 KPM yang ada di Desa Cilandak. Penyaluran beras tersebut dimulai dari pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai. Nampak warga masyarakat yang mendapatkan bantuan beras tersebut memenuhi aula kantor Desa Cilandak dengan membawa Fotocopi Kartu keluarga serta KTP Elektronik sebagai syarat pengambilan bantuan tersebut. Seperti biasa pelaksanakan penyaluran bantuan beras ini dipimpin oleh Kasi Kesos Desa Cilandak Darwatiningsih dibantu oleh Ketua RT.04 dan Linmas. Darwatiningsih mengungkapkan bahwa penyaluran ini merupakan yang ke lima di tahun 2023. “ Bantuan beras kali ini merupakan yang ke lima kalinya di tahun 2023 dengan jumlah bantuan 344 karung untuk 344 penerima manfaat dan berharap masih ada  lagi yang selanjutnya supaya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan beras”, Ujarnya disela-sela penyaluran bantuan.

Pengajian Bulanan Bapak-bapak Desa Cilandak

Cilandak,- Seperti biasa pengajian bulanan bapak-bapak Desa Cilandak dilaksanakan selasa malem terakhir di setiap bulannya, dan untuk bulan november ini dilaksanakan pada selasa (28/11/2023). nampak hadir Kepala Desa beserta jajaran aparatur Desa Cilandak, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, para linmas serta warga masyarakat. Kajian kitabnya masih kitab Takrib yang dikupas dan disajikan oleh Ustad Idrus Mubarok, Ustad muda dari Kp. Bongas RT 006 RW 003 Desa Cilandak yang lama menempuh pendidikan pesantren di Cicalengka dan Banjar. Pada pengajian bualanan kalli ini membahas tentang Rukun dan Sunat Tayamum. "Rukun tayamum ada empat yaitu Niat, mengusap wajah, mengusap Tangan dan Tertib", ujarnya menjelaskan. "Sedangkan Sunat Tayamum ada 3 yaitu  membaca basmalah, mendahulukan tangan kanan daripada tangan kiri dan terakahir dilaksanakan dengan terus terusan tanpa jeda yang lama", jelasnya menambahkan. setalah pembahasan selesai pengajian ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh ustad Apendi.

Realisasikan DD tahap III, pemerintah Desa Cilandak Bangun TPT Makam

Cilandak,- Pemerintah Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap III tahun anggaran 2023 untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Makam. Pembangunan TPT sepanjang 56 meter dengan anggaran biaya sebesar Rp 26 juta yang bersumber dari Dana Desa tersebut berlokasi di Kp. Kaum RT 004 RW 002, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.  Kepala Desa Cilandak, Yeyep Sugara, ST mengatakan, pembangunan TPT Makam Kampung Kaum ini dilaksanakan berdasarkan usulan warga, yang telah dibahas dalam Musyawarah Dusun (Musdus) dan Musyawarah Desa (Musdes). " Pembangunan TPT ini berdasarkan usulan dari masyarakat, mulai dari proses Musdus sampai dengan Musdes masuk dalam rangking teratas, karena kalau musim penghujan datang tidak ada pembuangan air sehingga bisa mengakibatkan banjir serta tergerusnya tanah makam, " jelasnya Senin (27/11/2023). Menurutnya, dalam pelaksanaan pembangunan dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang melibatkan unsur masyarakat dan dikerjakan dengan memberdayakan masyarakat setempat. Selain itu, semua tenaga juga diambilkan dari warga setempat sehingga selain untuk memperkokoh hasil bangunan, pembangunan TPT juga menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar. "Dalam pelaksanaannya kita melibatkan warga mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya sehingga pembangunan TPT itu sesuai dengan yang diharapkan masyarakat, " ujar dia menambahkan.

Pengajian Rutin Bulanan Ibu-ibu Desa Cilandak

Cilandak,- Pemerintah Desa Cilandak kembali menggelar pengajian rutin yang diikuti oleh Ibu-Ibu majlis taklim yang berada di lingkungan Desa Cilandak yang digelar di Aula Kantor Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta,  pada Sabtu (25/11/2023) nampak hadir pada acara tersebut istri Kepala Desa Cilandak, jajajaran perangkat desa perempuan serta ibu-ibu majlis taklim. Ayu Syifa Nurjaman selaku yang mewakili Kepala Desa Cilandak mengatakan, pengajian tersebut diadakan setiap satu bulan sekali sebagai kegiatan rutin untuk menjalin tali silaturahmi bagi masyarakat yang tergabung di setiap majelis taklim di Desa Cilandak. "Ya, di setiap RT/RW memiliki majelis taklim, ketika mereka bergabung di pengajian yang ada di tingkat desa untuk menjaga kerukunan dan kesatuan di antara warga yang tentu harus kita jaga," ujarnya.  Beliau juga menjelaskan, pengajian bulanan di Desa Cilandak sudah berjalan dari tahun 2022 yang pada kesempatan ini menghadirkan penceramah Ustazah Eneng.  Dalam ceramahnya ustazah Eneng membahas tentang maksiat yang harus kita hindari dan jauhi. "Maksiat terbagi dua ada maksiat Dzohir dan Maksiat Bathin", ujarnya. Beliau juga memberikan contoh apa saja yang termasuk dua maksiat tersebut. "Maksiat Dzohir diantaranya meninggalkan solat, meninggalakan zakat dan Maksiat Bathin dianataranya adalah ujub, riya, takabur dan seterusnya", lanjutnya menjelaskan.   Setelah ceramah selesai, diakhir acara ditutup dengan do’a dan ramah tamah sesama jamaah yang hadir.

Pembangunan Jalan Hotmix Di Lingkungan RT 005

Cilandak,- Desa Cilandak melaksanakan kegiatan pengaspalan jalan lingkungan dengan hotmix, tepatnya di Kp Bongas RT 005 RW 002, dengan pelaksana TPK Desa Cilandak dibantu oleh sebagian warga, Rabu (22/11/2023). Di lokasi nampak hadir memantau jalannya pengerjaan jalan di antaranya Ketua RT 005 Mohammad Saepudin, TPK Desa Cilandak Abda Alif, jajaran LPM beserta masyarakat juga ikut hadir menyaksikan proses pengaspalan tersebut. Ketua TPK menjelaskan pembangunan jalan hotmix dengan jumlah anggaran 40.000.000 dan memiliki ukuran panjang 118 meter tersebut merupakan realisasi dari dana desa tahap tiga tahun anggaran 2023 yang diusulkan oleh warga di lingkungan RT 005. Dengan pembangunan jalan hotmix ini semoga memberikan manfaat yang banyak dan dirasakan oleh warga karena sebelumnya jalan lumayan cukup rusak, ujar Ketua RT 005 menambahkan.